Breaking News

Harmonisasi Pelindo dengan Pemerintah Kabupaten Mempawah Dalam Pengembangan Terminal Kijing

 

Harmonisasi Pelindo dengan Pemerintah Kabupaten Mempawah Dalam Pengembangan Terminal Kijing   


KALBARSATUSUARA.COM (MEMPAWAH) - 
Dalam rangka koordinasi dan tindak lanjut pemanfaatan lahan Pelabuhan Terminal Kijing telah diadakan Rapat bersama yang bertempat di Aula Junjung Titah, Kantor Bupati Mempawah pada tanggal 30 Mei 2024.


Dipimpin oleh Pj Bupati Mempawah Drs Ismail, M.M, dan dihadiri Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Mempawah, Juli Suryadi Burdadi, beserta Kepala Dinas Pemkab Mempawah terkait, Camat Sunyai Kunyit, Teddy Prawoto, General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Pontianak, Hambar Wiyadi, Perwakilan Pelindo Head Office, dan Perwakilan Subholding Pelindo Solusi Logistik, Pimpinan PT Pacific Bio Industry, dan Pimpinan PT Khatulistiwa Raya Cakrawala. 30 Mei 2024.

 

Dalam sambutannya, Pj Bupati Mempawah Drs Ismail, M.M menyampaikan bahwa perlunya sinergi dan harmonisasi bersama dalam percepatan pengoperasian dan Terminal Kijing sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang telah ditetapkan Pemerintah akan membawa dampak cukup besar untuk pengembangan Kabupaten Mempawah.

 

“Kita harus bersinergi bersama dalam membangun negara sesuai tugas dan fungsi masing-masing. Diharapkan Pelindo dapat menyampaikan laporan progres pembangunan Terminal Kijing dan rencana ke depannya secara detail dan periodik. Perlu diketahui bahwa saat ini Pemkab Mempawah telah bekerja sama dengan Kementerian ATR/BPN dalam penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kecamatan Sungai Kunyit,” tambahnya.

 

Hambar Wiyadi menyampaikan banyak terima kasih atas support yang diberikan Pemkab Mempawah beserta jajarannya selama ini. Harmonisasi Pelindo dengan Pemkab Mempawah telah terjalin dengan baik sejak mulai proses pembangunan sampai dengan beroperasinya Terminal Kijing saat ini.

 

Rapat dan diskusi berjalan dengan baik, telah disampaikan progres pembangunan Terminal Kijing beserta rencana ke depannya serta Pemkab Mempawah memberikan masukan dan saran atas rencana pengembangan Terminal Kijing ke depannya agar selaras dengan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kecamatan Sungai Kunyit yang telah disusun.

 

Adapun pending matter agar segera diselesaikan seperti relokasi jalan nasional yang progresnya masih 39% per Maret 2024, diharapkan akhir tahun dapat segera diselesaikan, serta percepatan relokasi makam tionghoa yang secara yuridis lahan dan bangunan telah dikonsinyasi, dimana masih 10% dari total ahli waris yang sudah mengambil konsinyasi di pengadilan.

 

Diharapkan dengan adanya Terminal Kijing akan membawa dampak positif, multiplier effect, seperti bergeraknya perekonomian sungai kunyit, penyerapan lapangan pekerjaan, sinergi dalam penyediaan infrastruktur, meningkatnya pendapatan asli daerah, pengembangan wilayah dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat sekitar. (Tim Liputan).

Editor : Lan

 

 


Type and hit Enter to search

Close