Breaking News

Jaga Alam Agar Lestari, Bupati Sintang Terima Penghargaan Pada Tribun Pontianak Awards 2023

Jaga Alam Agar Lestari, Bupati Sintang Terima Penghargaan Pada Tribun Pontianak Awards 2023

KALBARSATUSUARA.COM (SINTANG) 
- Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno memasukan Sintang yang lestari kedalam visi Pemerintah Kabupaten Sintang 2021-2026 dan untuk mewujudkan visi tersebut, Pemkab Sintang sudah melaksanakan 13 program dan kegiatan. Rabu (9 Agustus 2023).


Untuk itulah, Harian Tribun Pontianak memberikan penghargaan kepada Bupati Sintang untuk kategori Pengelolaan Sumber Daya Alam Lestari.


Penghargaan diberikan pada acara puncak Tribun Pontianak Awards 2023 di The Q Hall Convention Center Qubu Resort Kubu Raya pada Selasa malam, 8 Agustus 2023. Turut mendampingi Bupati Sintang adalah Kartiyus Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Kurniawan Kepala Bappeda dan Paulinus Pelaksana Tugas Kadis Kominfo Sintang.


Hadir pada kesempatan tersebut Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, Anggota Forkopimda Provinsi Kalbar, Pimpinan Harian Tribun Pontianak dan para undangan lainnya. 


Bupati Sintang usai menerima penghargaan menegaskan komitmennya untuk mewujudkan Kabupaten Sintang yang maju dan lestari hingga 2026 mendatang. 


“Sintang yang lestari ini sudah masuk ke dalam visi Kabupaten Sintang 2021-2026. Ada 5 kondisi yang membuat kami kuat mewujudkan Sintang lestari yakni isu kerusakan lingkungan hidup, isu pembangunan berwawasan lingkungan hidup, tuntutan kolaborasi stakeholders, kondisi obyektif Sintang yang rentan banjir dan kebakaran hutan dan lahan, dan komitmen kami yang dituangkan ke dalam RPJMD 2021-2026,” terang Bupati Sintang.


untuk mewujudkan visi Sintang yang lestari ini, Pemkab Sintang sudah melaksanakan 13 program, bekerjasama pemerintah pusat, pemerintah desa, NGO, lembaga keuangan, perguruan tinggi, BUMN/BUMD, dunia usaha dan dukungan masyarakat Kabupaten Sintang.


Bupati Sintang dr. H Jarot Winarno pun membeberkan 13 program yang sudah dilaksanakan oleh Pemkab Sintang menuju Sintang yang lestari adalah penetapan SK Hutan adat, Perbup tata cara bakar lahan, penetapan tata ruang wilayah, RDTL Kawasan Industri, pembangunan ruang terbuka hijau, masuk menjadi anggota LKTL, melaksanakan CSR Awards, Perbup energi baru terbarukan, Perbup pengelolaan Rimba Gupung, rencana aksi sawit berkelanjutan, penetapan danau lindung, budidaya ikan gabus, dan penetapan ekowisata danau Tuja Sentarum.


“Semua program itu sudah dan akan terus kita lakukan hingga 2026 mendatang. Jika kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita,” terang Bupati Sintang.


Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji menyampaikan prestasi memang harus diberikan apresiasi secara khusus yang sudah dilakukan oleh pemerintah daerah.


“Pemprov Kalbar juga sudah mampu meraih banyak prestasi yang diapresiasi oleh pemerintah pusat. PAD kita meningkat luar biasa. Desa sangat tertinggal juga sudah tidak ada di Kalbar,” terang H. Sutarmidji.


H. Sutarmidji menambahakan, saya itu setiap hari minimal 1 jam membaca koran cetak. Juga saya membaca berita di media online. Saya pagi-pagi selalu cari koran, untuk saya baca. Tribun Pontianak diusianya yang ke 15 tahun sudah mampu mencerdaskan pembacanya. Beritanya bagus dan bahasanya juga baik.


“Penghargaan ini juga untuk memacu kami penyelenggara negara untuk terus bekerja dengan baik untuk masyarakat. Media yang baik itu selalu ditunggu pembacanya. Saya sehari saja tidak baca koran, rasanya ada yang kurang dalam hidup,” terang H. Sutarmidji.


Safrudin Pimpinan Redaksi Harian Tribun Pontianak menyampaikan bahwa penghargaan ini diberikan untuk memberikan apresiasi kepada daerah dan lembaga yang sudah menunjukan dedikasi yang tinggi dalam bekerja membangun daerah.


“Tribun Pontianak Awards ini dilaksanakan dalam rangka merayakan 15 tahun berdirinya Harian Tribun Pontianak. Kami terus bertransformasi menuju dunia digital. Ini cara kami untuk memberikan panggung kepada keberhasilan kepada pemda, swasta dan lembaga lainnya,” terang Safrudin.


Safrudin juga mengatakan, kami sangat mengapresiasi kerja cerdas dan kerja cepat yang sudah dilakukan oleh daerah dan lembaga. Terobosan dan kerja daerah akan menjadi warisan kepada anak cucu kita nanti. Untuk kepala daerah yang sudah 2 periode, kami harapkan ini menjadi kenangan untuk daerah.(Tim Liputan).

Editor : Nadi

 


Type and hit Enter to search

Close