Merek F&B Didukung Teknologi AI, Merek Waralaba Tampil Di Ajang Franchising & Licensing Asia 2023
KALBARSATUSUARA.COM (SINGAPURA)
- Pengunjung Franchising & Licensing Asia (FLAsia) pada Agustus ini dapat
mengeksplorasi peluang bisnis waralaba (franchising) dengan berbagai
merek F&B yang meningkatkan efisiensi operasional lewat kecerdasan buatan
(AI) dan otomatisasi; sejumlah merek asal Taiwan yang diseleksi
khusus; serta, untuk pertama kalinya, peluang bisnis dari lisensi karakter
dan merchandising. Rabu (9 Agustus 2023).
Kembali digelar pada 17-19 Agustus di Sands Expo and Convention Centre Level 1,
Hall C, FLAsia adalah sarana bisnis yang paling terkemuka
di Asia dalam sektor lisensi. Ajang ini diadakan setiap tahun oleh
Franchising and Licensing Association (Singapore), serta dilaksanakan
oleh Constellar.
FLAsia tahun ini menghadirkan lebih dari 100 merek
waralaba lokal dan internasional yang berasal dari Australia, Hong
Kong (Tiongkok), Malaysia, Filipina, Singapura, Korea
Selatan, Taiwan (Tiongkok), Amerika Serikat, dan Vietnam. Maka,
FLAsia menghubungkan berbagai individu dan pebisnis dengan merek-merek global
yang ingin berekspansi di Asia dan dunia, serta menghadirkan
Singapura sebagai batu loncatan.
FLAsia 2023 mengangkat tema "Breaking Barriers
with Franchising: Paving the Way for Aspiring Entrepreneurs & Global-Ready
Brands", Low Yen Ling, Menteri Negara, Menteri
Kebudayaan, Kemasyarakatan, dan Kepemudaan Singapura, serta Menteri Perdagangan
dan Perindustrian Singapura, akan memberikan kata sambutan di ajang tersebut.
Kata sambutan ini akan diikuti konferensi selama dua hari
dan lokakarya pada hari terakhir yang mengulas topik tentang cara mengatasi
hambatan dalam bisnis waralaba.
Menampilkan lebih dari 40 pemimpin industri dan pakar yang
menguasai pengalaman lintas-sektor, FLAsia 2023 akan membahas sejumlah topik,
mulai dari perubahan selera konsumen, legalitas bisnis waralaba merek,
mengelola hubungan pemegang hak waralaba-pemilik waralaba, serta opsi
pembiayaan dan pendanaan.
Lokakarya pada hari ketiga turut mengulas pendekatan
praktis agar peserta dapat melakukan riset lengkap untuk mengevaluasi dan
mempelajari unsur-unsur dari sebuah waralaba.
Mengeksplorasi waralaba F&B, serta cara AI dan
otomatisasi mengoptimalkan efisiensi
Di area pameran, FLAsia 2023 terus meraih
dukungan dan partisipasi dari berbagai merek dan restoran F&B,
seperti Brotzeit® German Restaurant and Beer Bar, Canadian 2 for 1 Pizza,
Chewy Junior, Crystal Jade, Gloria Jean's Coffees, Gopizza, Home
Fiesta by Tung Lok, serta Russo's New York Pizzeria.
Ekshibitor yang baru pertama kali
berpartisipasi Arteastiq akan melansir "AI Tomato", merek
pasta andalannya dari Singapura yang menerapkan kemajuan teknologi untuk
menghasilkan masakan pasta yang lezat dan bermutu tinggi dengan bahan-bahan
segar.
Dapur berteknologi canggih ini menggunakan kecerdasan
buatan dan teknologi otomatisasi mutakhir guna menggantikan proses persiapan
dan memasak makanan yang konvensional.
Menikmati kuliner dan gaya hidup Taiwan
Paviliun Pameran Merek Waralaba Taiwan akan menampilkan
jajaran merek minuman, kuliner, dan gaya hidup terkemuka asal Taiwan yang
ingin memperluas jangkauannya di seluruh dunia. Merek-merek ini mencakup pemain
top di segmen produk minuman Taiwan yang selalu berkembang, seperti
COCO fresh tea & Juice; Chinyo Tea, dan Cozy Tea Loft.
Sejumlah merek kuliner Taiwan yang turut tampil juga
meliputi Hu Xu Zhang (Formosa Chang); Fuhuigen; Kazama Catering, Meet
Fresh, dan Moon Met Mountain Shawarma. Pengunjung pameran pun dapat menemukan
merek-merek gaya hidup seperti AQUA dan LUVAII by Peisheng Beauty
Group.
Mempelajari potensi bisnis lisensi karakter dan merchandising yang
menarik
Untuk pertama kalinya, FLAsia2023 akan menghadirkan dua
perusahaan ternama di segmen bisnis lisensi—Bandai Namco Entertainment dan
Forward Creation.
Kedua perusahaan ini menawarkan peluang bagi perusahaan
yang berminat untuk menciptakan produk berlisensi dengan memakai karakter
ikonis. Bandai Namco Entertainment memiliki merek gaming legendaris
dan populer seperti PAC-MAN, Elden Ring, Tekken, Taiko no tatsujin, dan
lain-lain.
Sementara, Forward Creations menghubungkan merek-merek
konseptual dengan penggemar budaya Korea di pasar lokal. Di FLAsia2023, Forward
Creations akan menampilkan karakter dengan hak kekayaan intelektual (HKI)
seperti GOODYVERSE, Dr.B-PANG, dan SMELLY, sekaligus menjajaki peluang
bisnis lisensi serta merchandising.
"Kami sangat gembira menyambut FLAsia tahun ini
dengan kehadiran berbagai jenis merek yang menawarkan peluang bisnis waralaba
dan lisensi bagi pengunjung lokal dan regional. Ajang ini kembali membuktikan
potensi menarik dari pasar konsumsi di Asia, dan Singapura menjadi batu
loncatan bagi merek-merek yang ingin berekspansi di wilayah tersebut. Konten
pameran tahun ini yang beraneka ragam dan lengkap juga mendukung merek waralaba
potensial dan mitra investasi yang berminat. Lebih lagi, konten ini sangat
memperkuat status FLAsia sebagai sarana penting untuk berbagi pengetahuan dan
memperluas jejaring bisnis," ujar Dickson Low, President,
Franchising and Licensing Association (Singapore).
Beberapa merek lain yang dapat ditemukan di FLAsia
termasuk Nullspace Robotics and Speech Academy yang bergerak di sektor
pendidikan; merek kesehatan & wellness Anytime Fitness dan
Mscents; merek convenience store 7-Eleven; merek vending
machine yang menjual produk bersertifikasi Halal dan produk Islami lainnya—CLEAN
by One Halal Nation; dan masih banyak lagi.
Tiket masuk FLAsia
2023 bersifat gratis. Ajang ini terbuka bagi pengunjung berlatar belakang
bisnis/perdagangan, serta pihak lain yang ingin mencari peluang bisnis dan
investasi. Anda dapat melakukan registrasi di tautan ini.
Rincian kegiatan Franchising & Licensing Asia (FLAsia) 2023 17 – 19 Agustus 2023 (Kamis – Sabtu), 10 pagi – 6 sore,
setiap hari Situs: https://franchiselicenseasia. Facebook: https://www.facebook.com/ LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/ Tagar Resmi: #FLAsia2023 #FLAsia |
Tentang Franchising and Licensing Association (Singapore)
FLA (Singapore), salah satu anggota pendiri World
Franchise Council, berdiri pada 1993. FLA (Singapore) bermisi untuk membina dan
mengembangkan industri waralaba Singapura.
Sebagai unsur penting dalam ekonomi Singapura yang
berbasiskan pengetahuan, FLA (Singapore) mempromosikan dan memfasilitasi
penggunaan waralaba, lisensi, dan merek (branding) sebagai salah satu
strategi pertumbuhan bagi perusahaan Singapura.
Maka, FLA (Singapore) berkontribusi mengubah Singapura
menjadi pusat industri waralaba dan lisensi regional. Lewat kerja sama yang
terjalin dengan instansi pemerintah Singapura, serta lembaga waralaba dan
lisensi internasional, FLA (Singapore) turut membantu anggotanya dalam program
pengembangan internasional.
Dengan jumlah anggota yang terus bertambah dan hingga kini
hampir mencakup 140 perusahaan, mewakili lebih dari 250 merek terkemuka, FLA
(Singapore) dipimpin dan dikelola oleh tim penasihat, anggota komite, dan
sekretariat yang berdedikasi untuk membantu perusahaan Singapura berekspansi
secara global. https://www.flasingapore.org/.
Tentang Constellar
Constellar menghubungkan ekosistem global yang mencakup
mitra pameran dan konsumen lewat industri Meetings, Incentives,
Conventions and Exhibitions (MICE) yang didukung hak kekayaan
intelektual.
Sebagai mitra pilihan di Asia yang menggelar
ajang dan pameran inovatif, Constellar menghadirkan jaringan luas yang
mempertemukan pasar global, perusahaan, dan konsumen guna mewujudkan
pertumbuhan berkelanjutan.
Lewat keahlian dan
dedikasinya, Constellar membantu Anda membina hubungan tepercaya dengan
pemangku kepentingan dalam jangka panjang, serta menjalin kolaborasi
lintasindustri melalui solusi interaksi audiens kelas dunia. Informasi lebih
lanjut tersedia di constellar.co.(Tim Liputan).
Editor : Nadi
Social Footer