Breaking News

Ratusan Santri TPQ Di Kota Singkawang Ikuti Wisuda Akbar Yang Digelar DPD BKPRMI

Ratusan Santri TPQ Di Kota Singkawang Ikuti Wisuda Akbar Yang Digelar DPD BKPRMI

KALBAR.SATUSUARA.CO.ID (SINGKAWANG) - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid (BKPRMI), Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an (LPPTKA) Kota Singkawang menggelar Wisuda Akbar Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an Se-Kota Singkawang di Ballroom Hotel Mahkota Singkawang pada hari Sabtu (09 Desember 2023).

 

Kegiatan tersebut diikuti oleh 490 santri Taman Pendidikan al-Qur’an yang berasal dari utusan lima kecamatan yang ada di Kota Singkawang.

 

Selain dihadiri oleh wisudawan dan orang tua atau pendamping, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Penjabat (Pj) Walikota Singkawang, Drs. H. Sumastro, M.Si dan Forkompinda, Kepala Kankemenag Kota Singkawang Drs. H. Muhlis, M.Pd, Direktur Wilayah LPPTKA BKPRMI Kalimantan Barat, Yuyun Sumarni, serta jajaran pengurus DPD BKPRMI Kota Singkawang.

 

Dalam sambutannya setelah prosesi wisuda, Sumastro menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada panitia yang menggelar kegiatan tersebut, juga mengajak serta seluruh wisudawan untuk bersama-sama mengucapkan terimakasih kepada pemilik Hotel Mahkota Singkawang, yaitu Dr. (HC) H. Oesman Sapta Odang yang telah memfasilitasi tempat kegiatan tersebut.

 

“Mudah-mudahan melalui TPQ ini, bibit-bibit unggul Kota Singkawang akan menjadi aset bangsa yang tangguh, bukan hanya ilmu pengetahuan, tetapi iman dan takwanya kepada Allah SWT”, harapnya.

 

Pria asal Kayong Utara itu juga menambahkan bahwa kompetensi akhlak sangat penting sebagai modal untuk meraih kesuksesan di masa depan ditengah persaingan yang semakin kompleks. Ia juga menghimbau kepada orang tua yang hadir agar dapat membina dan merawat anak-anaknya sebagaimana merawat wajahnya sendiri, antara lain dengan mencukupi makanan yang bergizi agar tumbuh sehat dan terhindar dari stunting.

 

Ketua Umum DPD BKPRMI Kota Singkawang, Rabuansyah, SHI, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan bangganya karena kegiatan Wisuda Akbar Santri TPQ Se-Kota Singkawang ini dapat digelar setelah vakum kurang lebih tujuh tahun lamanya karena sesuatu dan lain hal terutama karena musibah Pandemi Covid-19.

 

“Awalnya kami pesimis  dengan target tiga ratus orang akan terpenuhi, akan tetapi ketika kami buka pendaftaran, subhanallah, hampir semua TPQ yang ada di Kota Singkawang ikut berpartisipasi”, ujarnya.

 

Karena itu ia berterimakasih kepada kepada pengelola TPQ yang telah mengikutsertakan santrinya dalam kegiatan wisuda tersebut, terutama kepada orang tua santri yang dengan rela hati mendaftarkan anaknya meski harus mengeluarkan biaya. Rabuansyah juga berpesan kepada orang tua agar dapat terus memotivasi anak-anak dalam belajar al-Qur’an.

 

“Anak-anak kita hari ini (setelah wisuda) bukan berarti selesai belajar mengaji, bahkan ini baru permulaan karena baru selesai Iqra’, jadi kami mohon agar tetap memotivasi anak-anak kita agar terus belajar ngaji di TPQ, jangan hanya bisa iqra’ tapi tidak bisa baca al-Qur’an, bahkan harapan kita kedepan mereka bisa menjadi Hafizh dan hafizhah”.

 

Sebelum prosesi wisuda digelar, kegiatan tersebut di awali dengan pawai bersama. Pada pukul 06.30 WIB Seluruh wisudawan telah berkumpul di halaman Mess Daerah Kota Singkawang sebagai rute keberangkatan. Kemudian pada pukul 07.00 dengan menggunakan 10 unit Odong-odong dan 13 unit mobil pick up serta kendaraan orang tua pendamping, seluruh rombongan melakukan konvoi menuju lokasi kegiatan di Hotel Mahkota Singkawang. (am/tim liputan).

 

Editor : Ahmad

 


Type and hit Enter to search

Close