Breaking News

Forum Pemuda Dayak Kabupaten Melawi Ajak Sukseskan Pilkada Damai 2024

Ketua FOPAD Kab. Melawi, Saleh Tapa

KALBAR.SATUSUARA.CO.ID (MELAWI) – Dalam rangka mewujudkan keamanan dan keharmonisan pada momentum Pilkada serentak tahun 2024, khususnya di Kabupaten Melawi, organisasi Forum Pemuda Dayak (FOPAD) Kab. Melawi menggelar Deklarasi Pilkada Damai dengan tema “Mewujudkan Kamtibmas dari Kab. Melawi untuk Indonesia.”

 

Kegiatan deklarasi ini dilaksanakan di Hotel Amaranta, Jl. Sidomulyo, Nanga Pinoh, Kab. Melawi. Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 100 peserta, termasuk Staf Ahli Bupati Melawi Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Daniel Sanoba, yang mewakili Bupati Melawi, Kapolres Melawi AKBP Muhammad Syafi'i, S.I.K., S.H., M.H., LO Kodim 1205 Sintang, anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU), anggota DPRD Melawi, serta perwakilan partai politik, organisasi masyarakat, ormas keagamaan, mahasiswa, dan tokoh masyarakat Kab. Melawi.

 

Kapolres Melawi, AKBP Muhammad Syafi'i, S.I.K., S.H., M.H., mengapresiasi inisiatif FOPAD Kab. Melawi dalam menggagas Deklarasi Pilkada Damai ini. Ia berharap agar pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Melawi dapat berjalan dengan kondusif, lancar, berintegritas, dan harmonis. "Kegiatan ini menunjukkan kepedulian kita semua untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan, merajut keharmonisan, dan kedamaian di seluruh elemen masyarakat, organisasi, serta pemerintahan," ungkapnya (8/8/2024).

 

Ketua FOPAD Kab. Melawi, Saleh Tapa, menambahkan bahwa deklarasi ini adalah wujud kesiapan masyarakat Kabupaten Melawi untuk menyukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024 secara aman, berintegritas, bermartabat, jujur, dan adil, tanpa adanya isu hoaks dan politisasi SARA. "Momentum ini seharusnya bisa menjadi contoh bagi daerah lain bahwa masyarakat Kabupaten Melawi siap menyukseskan Pilkada dengan damai dan berintegritas," ujarnya.

 

Ketua KPU Kab. Melawi juga mengapresiasi kegiatan Deklarasi Pilkada Damai ini, menilai bahwa FOPAD Kab. Melawi sangat peduli dengan pesta demokrasi yang akan datang. "Kita semua harus mampu bergandengan tangan menjaga situasi Pilkada Serentak Tahun 2024 agar berjalan lancar dan kondusif. Agenda ini menjadi indikator bahwa masyarakat Kabupaten Melawi sepakat mempertahankan keharmonisan yang telah terjaga dengan baik," tegasnya.

 

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Daniel Sanoba, yang membacakan sambutan Bupati Melawi H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, S.Pd, menyatakan bahwa Deklarasi Pilkada Damai ini merupakan momentum penting dalam proses tahapan Pilkada 2024. "Kegiatan ini membuktikan adanya semangat kesatuan untuk bersama-sama mewujudkan suasana Pilkada yang damai, jujur, adil, serta sesuai dengan prinsip langsung, umum, bebas, dan rahasia. Dukungan dari seluruh lapisan masyarakat sangat dibutuhkan untuk mensukseskan jalannya Pilkada Serentak Tahun 2024," jelasnya.

 

Adapun isi pernyataan sikap Deklarasi Pilkada Damai yang dibacakan oleh Ketua FOPAD Kab. Melawi, Saleh Tapa, dan diikuti oleh seluruh peserta yang hadir, adalah sebagai berikut:

 

Kami Menyatakan Sikap dan Berkomitmen untuk :

1. Menjaga persaudaraan antar etnis dan agama demi keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

2. Menyukseskan Pilkada Tahun 2024 yang aman, damai, bermartabat, jujur, adil, dan demokratis.

3. Tunduk dan patuh pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di NKRI.

4. Tidak menyebarkan isu politik adu domba, hoaks, ujaran kebencian, dan politisasi SARA.

5. Menjadikan Pilkada Tahun 2024 sebagai sarana pendidikan demokrasi untuk mencerdaskan masyarakat.

 

Setelah pembacaan deklarasi, acara dilanjutkan dengan seminar politik yang menghadirkan tiga narasumber dari KPU Kab. Melawi, Bawaslu Kab. Melawi, dan Kasat Intelkam Polres Melawi. (tim liputan).


Editor : Hamdan

 


Type and hit Enter to search

Close