Breaking News

Jaga Kondusifitas Daerah, Kapolres Kubu Raya Ajak Ngopi Bareng Tokoh Lintas Etnis Serta Pokdarkamtibmas

Kapolres Kubu Raya Ngopi Bareng Tokoh Lintas Etnis Dan POKDARKAMTIBMAS

KALBAR.SATUSUARA.CO.ID (KUBU RAYA) - Dalam upaya memperkuat sinergi dan menjaga keamanan serta ketertiban di wilayah Kubu Raya, Kapolres Kubu Raya mengadakan acara Ngopi Bareng Tokoh Lintas Etnis dan Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

 

Acara yang berlangsung pada hari Jumat (30/8/24) ini dihadiri oleh Ketua-ketua organisasi Aadt yang terkumpul dalam wadah Organisasi Perkumpulan Merah Putih (PMP) dari beragam etnis serta Pengurus serta Anggota Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) yang ada di wilayah tersebut.

 

Kapolres Kubu Raya, AKBP Wahyu Jati Wibowo, SH, S.I.K dalam sambutannya menekankan pentingnya kolaborasi antara aparat kepolisian dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

 

"Keamanan dan ketertiban bukan hanya tugas polisi, tetapi juga tanggung jawab kita bersama. Melalui acara ini, kita ingin membangun komunikasi yang lebih baik dan mempererat hubungan antara kepolisian dan masyarakat dari berbagai latar belakang etnis," ujarnya.

 

Para tokoh lintas etnis yang hadir dalam acara ini mengapresiasi inisiatif Kapolres Kubu Raya. Mereka menyatakan kesiapan untuk terus bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam menjaga keharmonisan dan stabilitas di wilayah Kubu Raya.

 

"Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini yang mempererat hubungan antara berbagai komunitas etnis dan pihak kepolisian. Dengan adanya sinergi ini, kami yakin keamanan dan ketertiban di Kubu Raya akan semakin terjaga," ujar Tau Hong Ketua Lembaga Budaya Tionghoa (Lembut).

 

Hal senada disampaikan Rudi Halik Salah satu Pengurus Pokdarkamtibmas Resort Kubu Raya yang juga merupakan Anggota Pemuda Pancasila Kabupaten Kubu Raya, Ia mengapresiasi apa yang dilakukan Kapolres Kubu Raya dalam membangun sinergisitas dengan semua elemen masyarakat.

 

“Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Bapak Kapolres Kubu Raya bersama PMP dan Pokdarkamtibmas ini, dengan ngopi bareng dan duduk bersama ini kami bisa langsung berinteraksi dengan Kapolres dan jajaran,” ungkap Rudi.

 

Demikian juga penyampaian Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Batak (FKMB) Kabupaten Kubu Raya, Leon Panggabean, Ia menyatakan selama ini jalinan komunikasi sangat terjalin dengan baik sehingga jika ada permasalahan yang berkaitan denga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) bisa teratasi dengan bai dan cepat.

 

“Puji Tuhan selama ini sangat berjalan dengan baik sinergisitas antara Polres Kubu Raya dengan kami masyarakat adat yang berada di Kabupaten Kubu Raya, semoga ini terus terjalin hingga nanti selanjutnya,” ucap Leon Panggabean.

 

Sementara itu Mulyadi Muis atau Daeng Muis salah satu Pengurus Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) mengapresiasi kinerja Polres Kubu Raya, ia menceritakan tentang adanya kasusu pencurian di tempat kerjanya dan tidak memakan waktu lama kurang dari 24 jam pelaku pencuriannya sudah tertangkap.

 

“Saya mengalami sendiri, ada kasus pencurian di sekolah tempat saya mengajar, begitu dilaporkan dengan sigap anggota polres Kubu Raya datang dan kurang dari 24 jam pelakunya sudah ditangkap, ini luar biasa,” cerita Daeng Muis.

 

Menyikapi hal tersebut, Kapolres Kubu Raya, AKBP Wahyu Jati Wibowo, SH, S.I.K mengucapkan terimakasih atas kerjasama semua elemen masyarakat lintas etnis dan lintas agama dari semua unsur yang telah terus menjaga kondusifitas daerah dengan bersinergi dengan Polres Kubu Raya.

 

Kemudian Kapolres Kubu Raya, AKBP Wahyu Jati Wibowo, SH, S.I.K juga menyampaikan pesan Kamtibmas menjelang pelaksanaan Pemilukada yang akan dilksanakan pada bulan November 2024 mendatang.

 

“Saya mengajak semua elemen baik Tokoh Masyarakat Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda untuk bersama-sama tetap menjaga Kondusifitas daerah menjelang dan setelah Pilkada serentak nanti, karena menjaga Kamtibmas itu bukan hanya tanggung jawab Aparat Penegah Hukum (APH) tetapi tanggung jawab bersama, oleh karenanya marilah terus kita jaga bersama-sama situasi dan kondisi yang aman dan nyaman sehingga kita bisa terus melaksanakan kegiatan kita seperti biasa,” ucap Kapolres.

 

Selain diskusi dan dialog, acara ini juga diisi dengan sesi tanya jawab di mana peserta dapat menyampaikan masukan dan saran terkait isu-isu keamanan di lingkungan mereka. Kapolres Kubu Raya berjanji akan menindaklanjuti setiap masukan yang disampaikan guna meningkatkan pelayanan dan responsibilitas kepolisian terhadap masyarakat.

 

Acara ini diakhiri dengan foto bersama dan komitmen bersama untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban di Kubu Raya melalui komunikasi yang intensif dan kerjasama yang solid antara kepolisian dan seluruh elemen masyarakat. (tim liputan).


Editor : Rahman

 


Type and hit Enter to search

Close